Kamis, 22 Maret 2012

MELUKIS KAIN

 

CARA MUDAH MELUKIS KAIN
Saat ini lagi marak-maraknya melukis kain. Baik itu dipergunakan untuk kerudung, jilbab, sepatu, baju maupun kaos , taplak meja dan sebagainya.

Di dalam mata pelajaran seni budaya, melukis kain masuk dalam materi karya SENI TERAPAN DUA DIMENSI. Di sini akan dijelaskan bagaimana cara melukis kain dengan mudah .
Adapun langkah-langkah melukis kain, adalah sebagai berikut : 

Langkah ke 1
Terlebih dahulu kita harus menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan untuk melukis kain.  



Langkah ke 2
Siapkan desain yang sesuai dengan keinginan anda. Boleh dengan membuat desain sendiri, browsing di internet, atau menjiplak gambar dari buku, majalah, bahkan dari kain panjang pun juga bisa (ini khusus untuk motif batik. Kemudian jiplak dengan kertas minyak atau kertas roti.



Langkah ke 3
Jiplaklah gambar yang sudah Anda siapkan diatas kain. Adapun cara menjiplak adalah dengan melapisi kain terlebih dahulu dengan karbon jahit (khusus untuk kain pilih yang berwarna terang, seperti merah, kuning, maupun hijau muda), kertas pola / desain yang telah dibuat baru kemudian dilapisi dengan plastik tipis (plastik sampul buku pun bisa di gunakan).Adapun plastik dipergunakan agar kertas desain tidak mudah rusak atau hancur karena harus dipergunakan lagi nantinya. Jiplaklah gambar dengan pelan-pelan dan hati-hati untuk menghindari gambar ganda atau dobel diatas kain. Pastikan bahwa disain tidak bergeser sedikitpun. Jiplaklah dari gambar bagian atas ke bawah , bahkan sebaliknya. 
  

Langkah ke 4

Setelah disain jadi atau siap di atas kain. Berilah kontur atau tebalkan bentuk/garis yang ada dengan cat berwarna gelap/hitam 


Langkah ke 5
Dan sekarang Anda sudah masuk tahap mewarnai/melukis di atas kain. Adapun cara yang paling mudah adalah dengan memberikan warna tua terlebih dahulu baru kemudian warna mudah, boleh sebaliknya. Tapi yang pasti kuas harus sudah dalam keadaan bersih, cat yang bisa pergunakan adalah sejenis cat air. Baik  itu Acrytex, Idea (Fabric Paint) dan sebagainya. Dimana cat tersebut hanya bisa dilarutkan dengan air. Sedangkan air yang dipergunakan untuk mencuci adalah air matang atau air mineral (seperti AQUA, Club dan sebagainya). Kemudian lap dengan serbet atau tissue kering untuk menghindari air yang berlebih. Sebab kuas yang terlalu basah akan menyebabkan cat yang akan dikuaskan menjadi rusak (mbelobor warnanya) nantinya.Adapun mengapa air matang ataupun air mineral yang harus digunakan, agar lukisan yang kita buat nantinya tidak akan mudah rusak oleh jamur.  

Langkah ke 6
Wow...akhirnya jadi juga. Lukisan yang anda buat sudah siap untuk dikeringkan. Angin-anginkan saja pada tempat yang sejuk dan terlindung dari sinar matahari sampai benar-benar kering.


Beri aksen titik-titik jika menginginkan kesan kain batik

Contoh hasil karya lukis kain




Posted By " Umif"

1 komentar:

  1. Tolong Tuliskan Komentar ataupun Ucapan Terimakasih Bila blog ini berguna bagi Anda

    BalasHapus